Cara Setor Tunai di ATM BRI dan Tips-Tips Bertransaksi yang Aman untuk Kamu yang Belum Tahu

Karena perkembangan tehnologi, sekarang ini transfer uang ke rekening sendiri tidak butuh lagi antre panjang di bank dengan konvensional. Cukuplah memakai ATM Setor Tunai atau yang biasa dimaksud dengan mesin CDM, uang yang Anda punya juga bisa masuk ke tabungan secara cepat. Mesin CDM ini biasanya tidak terdapat di sarana umum. 

Mesin ini cuma ada di kantor cabang BRI spesifik yang umumnya mempunyai nasabah cukuplah padat, hingga nasabah yang akan menabung tidak butuh mengantri panjang. 
Cara Setor Tunai di ATM BRI

Prosedur Menyetor Uang Tunai di ATM Setor Tunai BRI 

Pemakaian mesin CDM ini sama dengan memakai mesin ATM biasanya yakni keduanya sama memakai kartu ATM BRI untuk lakukan setor. Ketidaksamaan CDM dengan mesin ATM biasanya yaitu mesin ini tidak didesain untuk keluarkan uang akan tetapi untuk masukkan uang. Inilah beberapa langkah buat Anda yang ingin menyetor uang tunai ke rekening tabungan Anda sendiri: 

Sediakan uang yang akan Anda masukan ke tabungan yang Anda punya. Yakinkan juga keadaan uang itu dalam keadaan yang baik, tidak dalam kondisi terlipat, sobek atau tertempel stripeless. Lantas sediakan kartu ATM tabungan yang Anda punya, serta pergi lah ke mesin CDM paling dekat. 
Input kartu ATM ke mesin CDM itu, lantas pilih lah type bhs yang akan dipakai, pilih bhs Indonesia. Setelah itu pilih “Lanjutkan” serta masukan Personal Identification Number (PIN) yang Anda punya. Butuh diingat, jangan pernah salah masukkan PIN ATM sekitar 3x, hal itu bisa mengakibatkan kartu ATM terblokir. 
Sesudah masukkan PIN dengan benar, Anda akan dibawa ke menu setor tunai, lantas pilih lah menu “Setor Tunai”. Yakinkan uang yang akan Anda setorkan itu ialah pecahan Rp50 beberapa ribu atau pecahan Rp100 beberapa ribu. Tidak hanya pecahan itu mesin CDM akan tidak terima serta uang akan dikembalikan pada Anda. Setelah itu pilih “Lanjutkan”. 
Selanjutnya, masukan uang yang akan disetorkan ke kotak setor. Yakinkan keadaan uang itu dalam tempat yang benar serta dalam kondisi yang benar yaitu tidak terlipat, tidak kusut, tidak basah, tidak sobek dan lain-lain. Hal itu mempunyai tujuan supaya uang yang disetor diterima oleh mesin. 
Lalu, mesin CDM dengan automatis akan mengkalkulasi uang yang Anda masukan, lalu di monitor mesin akan tunjukkan perincian jumlahnya uang yang akan di tabung. 
tahap selanjutnya ialah pilih menu “Setor”. Bila Anda tidak ingin lakukan transaksi lagi pilih menu “Tidak” serta selekasnya mengambil kartu ATM Anda. 


Panduan Aman Bertransaksi di Mesin ATM Setor Tunai 
Bila sudah mengerti langkah lakukan setor tunai memakai aplikasi, langkah setelah itu jagalah kerahasiaan PIN yang Anda punya hingga terlepas dari praktek skimming yang terakhir ramai berlangsung. Skimming sendiri adalah aksi menggandakan data ATM untuk mempunyai tujuan mengambil uang yang ada di dalam tabungan serta mengawasi kerahasiaan PIN saja belumlah cukuplah untuk mengindari skimming. 

Seperti masalah yang terakhir berlangsung, sangat banyak laporan nasabah tentang kehilangan dana dari rekningnya. Laporan laporan itu umumnya berisi laporan kehilangan saldo tabungan dengan misterius. Seperti yang berlangsung di Surabaya baru saja ini, beberapa nasabah menyalahkan kehilangan dana tabungan dengan misterius, karena tidak ingin dirugikan semakin banyak, nasabah nasabah itu mengatur pemblokiran rekening di kantor bank berkaitan yang disangka ada praktik skimming. 

Memerhatikan ATM yang ditempeli alat penduplikasi data ATM (skimmer) termasuk cukuplah susah karena dibuat dengan begitu rapi serta kadang serupa seperti aslinya. 

Skimming sendiri umumnya memakai alat alat seperti camera pengintai yang ditempelkan di pojok sudut mesin ATM, sampai dimasukkan ke mulut mesin ATM di mana umumnya kita masukkan kartu ATM untuk bertransaksi. 

Di bawah ini ialah beberapa langkah yang bisa Anda kerjakan sebelum lakukan transaksi di ATM untuk hindari praktik skimming yang akhir-akhir ini ramai berlangsung. 

1. Nasabah mesti memerhatikan mesin ATM 

Yakinkan tidak ada alat-alat meresahkan yang di lekatkan pada mesin ATM. 

2. Lihat juga tempat ATM 

Mesin ATM yang ada di tempat yang sepi lebih buka kesempatan buat aktor untuk lakukan kejahatan. menempatkan skimmer perlu waktu. Lebih baik di ATM yang ramai atau ATM yang berada di bank tentu aman sebab ada security. 

3. Nasabah dianjurkan ganti keyword kartu ATM dengan berkala 

Untuk menggandakan data sekurang-kurangnya memerlukan waktu yang lumayan lama. Bila ganti password dengan berkala makan bisa diyakinkan pencuri uang akan tidak berhasil kuras dana yang Anda punya. 

4. Upayakan kartu ATM nasabah juga diperlengkapi dengan lempeng data digital (chip) 

Untuk mecegah praktik skimming, Bank Indonesia (BI) sudah memerintah bank bank berkaitan untuk lakukan migrasi ke kartu ATM (Debet) sejenis pita magnetik (magnetic stripe) ke tehnologi chip.

Comments

Popular Posts